Kamis, 14 April 2016

Jangan mengunduh aplikasi sembarangan, ini bahaya dan ancamannya


Banyaknya aplikasi yang dibagikan secara gratis membuat kita mudah menelusuri setiap link untuk mengunduhnya. namun seringnya, kita bahkan tidak menemui link yang dimaksud. semakin kita klik semakin banyak link yang dituju, dan sayangnya muncul aplikasi palsu. Tanpa disadari aplikasi yang terlanjur dipasang tersebut berjalan dengan sendirinya dan tidak bisa di hapus. Jika sobat belum pernah mengalaminya, sebaiknya untuk berhati-hati saat mengunduh aplikasi yang diinginkan.

Pastikan sobat mengunduh aplikasi bersumber dari link resmi atau web official dan sumber yang dapat dipercaya
misalnya: www.avira.comwww.microsoft.comwww.smadav.net. dan yang paling penting perhatikan besarnya ukuran aplikasi yang diunduh serta icon aplikasi, jika meragukan sebaiknya urungkan menjalankan aplikasi yang telah diunduh. Jangan sampai aplikasi palsu tersebut mengacak-ngacak sistem komputer sobat, menyembunyikan data/file dan memberatkan proses windows. 

Dibawah ini contoh komputer yang terserang aplikasi palsu. demikian disebut virus browser. ia menempel di tab browser menjadi site home button secara default (otomatis) dan parahnya aplikasi tersebut menggandakan dirinya dengan aplikasi yang berbeda. Jika masih ringan kasusnya, segeralah untuk menguninstall (menghapus) program tersebut dan update antivirus sobat secara rutin. 


Program sample yang saya unduh yaitu photoscape, saya mau mendapatkan program ini harus menginstall dulu aplikasi lain (download manager) yang isinya sudah sepaket, ntah program apasaja saya juga tidak mengenalnya. 

Jadi sebaiknya sebelum benar-benar melanjutkan install aplikasi, baca dulu agreement yang tertera ya sob. dan segeralah close program tersebut jika membahayakan komputer sobat. Oke, sekian dan Terimakasih. semoga ada manfaat yang diambil. mohon maaf atas segala kekurangan isi postingan ini. 

7 komentar

Saya baru tahu nih mba akan hal ini. Biasa nya sih saya langsung unduh-unduh aja tanpa memperhatikan agreement karena kurang bisa bahasa inggris :) tapi setelah saya tahu akan hal ini mungkin saya akan berhati-hati dalam mengunduh aplikasi :) terimakasih mba infonya

Jadi inget pertama kali bisa main komputer dan internet,,,semua aplikasi gue download...
Hahahaha...sampe hang laptop gue yu

saya jg kdng lgsg next next aja, kebiasaan kita mah begitu ya kan mas. :D
tpi krena lain hal, ad yg berbeda dan aneh dri spt biasanya mkanya kudu teliti dlu kita mas, :)

pengalaman yg mengajari kan, akhirnya jd tau tuh hab. meski lepi jd korbannya :D wuakaka

Ngeri juga ya mbak efek dari ngedownload aplikasi sembarang, tapi kalau saya mah alhamdulillah kalau mau download aplikasi selalu baca baca dulu dan kalau aplikasi yang didownload pun yang sudah tahu.

Saya pernah non, kena aplikasi palsu sperti ini, tidak sengaja tekan instal.. jadi berantakan semua jaringan komputer, untung saya pernah tahu sedikit cara instal jaringan sampai bisa kembali normal, dengan susah payah memperbaikinya tentunya.

Terimakasih gan infonya. Aku juga pernah gara-gara mengunduh dan install aplikasi tiba-tiba laptop langsung mati. Saat di idupin juga layar tetep gelap.

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top