Senin, 30 Mei 2016

Membuat Formulir untuk Buka Bersama 2016

Tidak terasa Bulan Ramadhan sudah dekat. Saatnya mempersiapkan diri untuk memperbanyak dan meningkatkan diri dalam Ibadah, apalagi keistimewaan Bulan Ramadhan sangat banyak. Menanti kedatangan Bulan suci ini pasti setiap orang bersuka cita, tapi tidak sedikit pula sebagian orang merasa sedih dan berduka. Mungkin bersedihnya karena di tahun ini kurang lengkap dengan saudara atau anggota keluarganya (ex: puasa di kost, tidak bisa pulang) atau sedih bercampur bahagia (bersyukur) karena masih dapat berjumpa Bulan Ramadhan. Nah, ini salah satu rasa senangnya saat di Bulan Ramadhan 'Bisa bersilaturahmi, berkumpul kembali dengan saudara atau teman melalui Acara Buka Bersama', sungguh ini moment paling ditunggu. Atas inisiatif sekaligus iseng-iseng, akhirnya Saya mencoba 'Membuat Formulir untuk Buka Bersama 2016' dengan tujuan menentukan waktu dan tempat untuk Buka Bersama (Bukber) sekaligus menghitung seberapa besar partisipasi teman Alumni yang ingin mengikuti acara ini. Untuk membuat formulirnya saya menggunakan produk google yaitu Google Formulir, mungkin sebagian sobat blogger juga sudah tau cara membuatnya. tapi tak jarang pula sebagian lainnya merasa bertanya (contoh saya sebagai pemula) bagaimana cara membuat formulir yang sering dijadikan bahan survey. oke chekidot...



1. Login dulu ke Email gmail sobat

2. Masuk ke 'Google Drive>Baru>Lainnya>Google Formulir' atau langsung klik tautan ini


3. Klik 'Formulir tanpa Judul' untuk mengisikan form yang masih kosong, disini kita akan dihadapkan dengan kolom-kolom serba 'tanpa judul' seperti gambar dibawah ini. 


4. Selanjutnya, Sobat bisa mengisikan form/kolom tanpa judul tersebut sesuai judul dan pertanyaan yang ingin dibuat. sebagai contoh disini saya 'Membuat Formulir untuk Buka Bersama 2016


5. Jika dirasa pertanyaan yang dibuat sudah lengkap, sobat bisa langsung menyelesaikan dengan tombol 'kirim formulir' dan 'membagikan ke sosial media' atau grup agar dapat digunakan di isi oleh participant/peserta atau penjawab. 


6. Untuk melihat formulir yang telah dijawab kita bisa melihatnya di 'Menu tanggapan>Lihat Tanggapan. maka akan muncul jendela spreadsheets yang menampilkan respon penjawab.

Dibawah ini contoh Formulir untuk Buka Bersama 2016 yang berhasil saya buat. 


Begitulah kira-kira cara membuat formulir di google sob. semoga cara diatas bermanfaat bagi sobat jika ingin mencobanya. selebihnya sobat dapat mengkreasikan sendiri sesuai keinginan. Terimakasih atas kesediaan kunjungan anda, mohon maaf dalam kekurangan isi penyampaian. Salam blogging :)

36 komentar

Mantap, saya baru tahu nih, padahal saya sendiri adalah blogger, lama tak berkunjung disini, formulir untuk buka bersama, formulir tersebut kiranya nanti untuk ngundang perhatian yang ingin diajak buka bersama ya, gitu? Enak ya ngumpul bareng, apalagi sama kawan-kawan yang lama.. :)

Artikelnya udah berbau bulan ramadhan nih mba :)

Wadaw artikelnya membuat saya jadi tidak sabar lagi untuk segera merasakan suasana bulan suci ramadhan lagi nih.

boleh juga nih soalnya kalo bulan puasa kan identik dengan bukber

Waaa.... cocok ini, Hayy, buat dipakai bukber besok.
Aku bener2 baru tahu cara bikin formulir seperti ini lho... Maklum rada gaptek. :)
Makasih banyak, ya...

saya kok baru tau bisa buat formulir gitu di google :D

padahal setiap hari terus dengan komputer, bulan puasa bentar lagi yah :D
mau nyobaa ah mbak pake google formulir, tapi entaah teman saya agak banyak yang gaptek. takut ga pada ngerti hahaha

wah bisa juga nih ya, bikin formulir kalo mau bikin rencana buka bersama sekalian reuni X)

Keren sob,,, Kalau ginimah enak dong,, kagak usah repot - repot bikin form pake kode2,,, google emang canggih... :D

baru tau saya kalau ternyata dari google bisa buat formulir begitu :D

Asyik banget tuh buka puasa bareng teman-teman waktu kecil, pasti banyak kenangan yang ada saat kecil.

Hello mbak Rahayu..
Turorial bikin formulirnya mantap nich, boleh juga di coba..hehe
Oya..saya juga mau ikutan bukber mbak Rahayu. Boleh? :D

nah,, ini bisa jadi alternatif kalau ngadain polling lokasi bukber,, bagus,, aku coba bikin ahh

wah bisa di coba nih ntar mau buatin jadwal buka puasa bareng sohib :D

Aku dari dulu pingin bikin formulir macam ini. Akhirnya nemu titorialnya :D

Klo mau ngadain bukber, jagan lupa undang-undang Yu...

Saya baru tahu nih mbak cara membuat formulir semacam ini. Bisa dicoba nih nanti buat acara buka bersama hehe. Makasih ya mbak buat ilmunya :)

kayak gitu ternyata caranya, entar buat ah, tadi kirain cuma untuk g+
ok terimakasih rahayu

sama saya juga baru tahu kang

Mas Jeffry : iya mas ngumpul bareng sm kawan" itu emng enak dan seru. yup tujuannya biar tau temen" mau bukbernya dimana dan tgl berapa.

Mbak debe : akhirnya kita jd sama-sama tau ya mbak deb.. :)

Huuhm mas, bau ramadhannya udh tercium wangi :)

Beberapa hitungan hari lg ya kan kang nurul. Bakal ngerasain laper haus di siang hari, saur bareng keluarga dan bukber seru :)

Iya bunda, tradisi bukber gk boleh dilewatkan. apalagi sm temen" yg udh lama gak ketemu. :)

Iya om biar bs cheklist temen" yg mau bukber dimana dan tgl berapa ccoknya (tepatnya).
tpi memang sbenernya untuk menentukan tempat dan waktu untuk bukber lbh enak lwt socmed atau grup (saling komunikasi). spt ini lebih tertutup. :D

sama-sama om, Alhamdulillah jika bermanfaat :)

baru menyadari aja mgkn mas..:D

Hihi, iya mas itu jg masalahnya. kdng ngirim lewat grup atau chatt aja blum tentu di respon kan. dan sulitnya nentuin waktu dan tempat buat bukber lwt balasan koment/chatt.

boleh mas. nah sekalian reuni sekalian nostalgia kan :D #ketemumantan >_< wkwkw

Iya mas, canggih bener ya. byk amat produknya.
aih pke kode pusing ah mas. :(

akhirnya kita juga sama-sama tau ya ^.^

woaah, byk banget mas. ceritanya klo lg bukber ya ngenang masa SD. dulu sih ini sama sih itu jd gosip di tempat! :D
wuakakak

Hello jg mas Sonny..
Silahkan dicoba mas, mohon maaf atas kekurangan tutorialnya ya :D
boleh mas, transfer saja uangnya buat patungan biaya bukber. nti mas sonny nya menyusul bukber ya :D wkwkw

yup mas sebagai alternatif ya.
boleh mas dicoba, mas idp kan lebih kreatif soal utak atik gitu :D

wokkeh mas. biar tau suara temen" maunya gimana dan enaknya gimana kan..hehe :D

Yeay, bisa lgsg dibuat formulirnya ya bun. :)

Boleh hab, diundang hrus datang yaah. jauhh loh ke Riau. sanggup nih jalan kaki? #ehh??

Iya mas formulir begini sring dipke jg buat survey dan polling.
jd ccok buat ngetahui enaknya temen gimana. hehe itupun klo ad yg ngisi form nya :D
sama-sama mas, semoga bisa dimengerti ya cara saya :)

lebih bagus skrg mbak deb, klo 'entar' kelupaan :D
sama-sama mbak debe, semoga bisa dimaklumi cara saya diatas ya :) hehe

saya tau endingnya teman-teman saya nyautnya di sms mbak hahahaha

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top