Senin, 09 Mei 2016

Solusi Floppy Disk fail 40

Kerusakan pada komputer sangat banyak jenis dan perbedaan dalam menanganinya. mulai dari kerusakan software hingga hardware dan komponen lainnya pada komputer tersebut. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi solusi dalam penanganan komputer yang tidak berproses lancar saat booting. memang masalah booting ngehang pada windows tidak melulu pada sistem operasinya (software) tapi bisa juga karena komponen dalam CPU. akibatnya macet dan membuat hati terasa jengkel. kasus ini saya temui di warnet saya bekerja, komputer client tiba-tiba saja tidak mau hidup normal dan muncul tulisan Floppy Disk(s) Fail (40). Jika anda sedang mengalami masalah tersebut saya sarankan tetap tenang dan cukup berdo'a. Adapun caranya sebagai berikut :

Sumber : Afreshkhan.com

1. Buka casing cpu, Pastikan kabel-kabel yang terhubung pada hard disk tidak longgar. lepas dahulu, kemudian pasangkan kembali.

2. Tutup casing cpu kembali dan nyalakan komputer seperti biasa

3. Tekan Delete (pada keyboard) untuk menuju Settingan Bios. NB : lain device/perangkat lain pula tombol  masuk ke Bios, namun pada umumya tombol Del, F1,F2, F10, F12. silahkan coba mana yang cocok pada pc anda.

4. Masuk ke menu Advanced Bios Features > Boot Seq and Floppy Setup > Enter

5. Kemudian Disable pada Boot up floppy seek > tekan F10 (menyimpan)

Dan akhirnya Windows pun terbuka dan berjalan seperti normal biasanya saat booting. Semoga berhasil ya sobat :) Selamat mencoba! 

29 komentar

semoga ilmu floppy disk fail nya hanya terbatas sebagai ilmu saja tanpa harus dipraktekkan kelaptop kesayangan ini ah...betewe kok jagoan sih bisa servis sendiri...keren ih

Iya pakdhe semoga aja.
saya mah belajar juga pakdhe dri google sore tdi :D
dan Alhamdulillah prakteknya kebetulan berhasil pada kompt yg ngulah.

wah boleh nih mbak kalau buka tempat servis, hitung-hitung kalau ada yang rusak masalah floppy bisa merujuk ke mbak rahayu

ada resiko nggak si ngebenerin sendiri ? takutnya tambah rusak.... :D

Wah si mbak ini bener banget ini yang saya cari-cari mbak, komputer saya suka begini mbak :D

Belum lama ini komputerku juga eror. Restart sendiri. Sampai pusing cari akar permasalahnnya. cek ram, cek vga, cek power suplai cek fun proseser. semua bagus. Wealah ternya cuma masalah dikabel power suplai yang sudah karatan ujungnya.
Aku belum pernah mengalami kendala floppy disk fail 40.

kalau msh bisa diatasi InsyaAllah dibantu buat kang rohim, hehe.

kalau ragu n takut sebaiknya serahkan ke yg berpengalaman aja mas marno, ke teman atau jasa servis :D tapi klo udh urgent psti akhirnya nekad mencoba jg mas :)

ya monggo mas lukman di coba, normal lg kan enak bisa internetan lg. hehe

wih bagus tuh mas chek semua kondisi komponen, jd akhirnya kita tau yg lemah bgian mana. untungnya kabel power gak mihil amat ya mas, jd bs gnti yg baru. :D
semoga mas ngalamin ya, biar nambah pengalaman. :D wkwkwkw

Keren Neng, pasti pelanggannya suka banget tuh...... apali kasus seperti folly disk full 40 untuk kita yang OOT malah bingung, ga tahunya cuman gitu doang. Padalahal kalau di suruh cuman garuk-garuk kepla bisanya. he,, he, he,

sy kalau PC rusak langsung di bawa ke tungkang servis, soalnya nggak sempat memperbaiki sendiri

kemaren ya saya jg sempat bingung, pakdhe. nyangkainnya kompt pasti kepanasan dan kotor krna byk debunya, sampe saya bersihkan dulu saya dinginkan dulu kira" 3 jam :D
udh bisa bru garuk kepala, pakdhe. hihii

tapi hrus keluar biaya jdnya mas :(

Wah, mbak Rahayu ternyata juga jago ya soal memperbaiki komputer :)

tuntutan kerja sbenarnya mas. hehe
ya saya juga msh belajar terus ngadepin kompt yg suka rusak ulah pelanggan :'(

gampang juga yah mba,, tinggal disable doang,, tapi tetep aja sih kalau yang kgak ngerti tuh pasti bakalan mumet menghadapi masalah entuh...

iya kang pdahal cuma disable aja :(
saya aja sempat mumet kang mikirnya..ckck

Kalau kompurter saya begini biasanya kalau habis mati lampu mbak, saya juga tidak tahu itu kenapa ya, soalnya kok setiap mati lampu dan dinyalakan selalu begitu kira kira kenapa ya mbak ?

daya listriknya belum ngalir smua kang nurul :D ckck
kasusnya percis diatas kang? yaudah kang dicoba cara diatas, moga berhasil kang :)

bagus tipsnya neng, hanya saja biasanya tiap perangkat itu tidak sama. seperti jika masuk ke BIOS tekan delete, laptop saya tekan f2 neng. jadi disesuaikan saja dengan perangkat yang ada.

ahh, yupp bnerr kang. Terimakasih kang udh mengingatkan, saya baru sadar. :D ahaha

Floppy Disk benda wajib kalau pas praktikum komputer... Perannya gak pernah terganti meskipun teknologi semakin maju...

BTW... Thank's Yu.. udah Like FP blog saya ya...

iyasih. tapi udh jarang makek org kan.
ini kompt yg ngulah kompt paling melegenda disini. haha

sama-sama wahab, btw udh byk ya likers fanspagenya. keren ih :)

Wah keren sekali informasinya mbak, masalah yang sering terjadi pada komputer, terimakasih informasinya mbak..sangat bermanfaat bisa dipraktekan apabila komputer saya mengalami hal yang serupa..mantapp :)

Iya mas, semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan :)

matur nuwun om.............

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top