Jumat, 06 Mei 2016

Tips Mengobati Rasa Kangen dan Rindu

Bagi siapapun yang sedang dilema dengan kehadiran sebuah Perasaan Kangen dan Rindu, baik pada Keluarga, Saudara, Teman, maupun Pasangan (halal) dalam kondisi jarak jauh dan terbatasnya ruang waktu, maka itu hal yang wajar saja, sobat. dan pada kenyataannya anda masih tergolong normal karena cinta dan sayang yang kuat melekat pada hati menjadikan rasa kangen dan rindu itu muncul. pernah bersedih saat menahan rasa kangen dan rindu pada seseorang, sob? sudah pasti pernah ya. setiap orang pernah memiliki rasa itu. dulu saat saya bersekolah di asrama dan jauh dari orangtua, hampir setiap bulan saya terkena penyakit ini. saya gak betah sekolah, ingin cepat pulang, menangis hingga mendemam. sampai akhirnya saya dikirimin uang bulanan baru sembuh ^.^ 
Namun, Bagaimana jika hal ini sedang melanda diri sobat sekalian? Yuk, coba Tips Mengobati Rasa Kangen dan Rindu dibawah ini. 


1. Berdo'a
Menangislah dalam do'a saat anda tidak dapat membendung rasa kangen dan rindu tersebut pada seseorang. Curahkan dan sampaikan perasaan anda pada Tuhan dengan lembut. maka dengan berdo'a, hati anda akan tenang dan airmata menghapus relung kerinduan. Tuhan pasti mempersiapkan waktu dan tempat untuk pertemuan dirimu pada mereka yang anda rindukan. cukupkanlah dengan tangis dan do'a, maka bait-bait do'a mu sebagai Pengobat Kerinduanmu.   

2. Nikmati Kesibukan
Fikiran dan perasaan senantiasa menghantui jiwa mu akan sosok seseorang yang anda rindukan. Gelisah, gak tenang, bersedih, merenung, gak selera makan, sakit-sakitan, galau benar-benar berkecamuk dalam diri. Cobalah dengan mencari kesibukan dan kegiatan untuk melupakan rasa kangen dan rindu. fokuskan pada kegiatan yang harus dilakukan, nikmati kesibukan tersebut hingga luapan rindu pergi dengan sendirinya. Misalnya : menata taman bunga, mempercantik ruang kamar, membereskan laporan kerja, membuat kue, bermain game, menonton film seru, mendengarkan musik atau sesuai hobi anda lainnya. 

3. Berkomunikasi 
Jika anda terhalang jarak, waktu dan terikat oleh kesibukan kerja maupun belajar mungkin untuk sementara tetaplah saling menjaga komunikasi dengan baik dan lebih sering. rajin menanyakan kabar dan jangan lupa menyatakan perasaan kangen dan rindu pada yang dirindukan, namun jika malu mengungkapkannya lewat suara sampaikanlah lewat pesan singkat/obrolan.

"Assalamu'alaikum, ayah/ibu? apakah ayah/ibu sehat? aku rindu jauh dari rumah, beberapa hari ini kefikiran ayah dan ibu. semoga ayah dan ibu disana selalu terjaga dan diberikan kesehatan. InsyaAllah, libur nanti aku pulang segera. Aku ingin mendengarkan nasehat ayah, aku ingin makan masakan ibu yang paling enak, dan aku ingin berkumpul dirumah" 

"Adikku sayang, apakah kamu baik-baik saja? sedang apa saat ini? aku disini merindukanmu, apakah dirimu merindukanku juga? ohya biasanya kalau aku rindu, bulu matamu pasti terjatuh. 

dan jika keduanya saling terhubung melalui Smartphone, maka memanfaatkan Video Call lewat Aplikasi Line juga hal yang tepat dan hemat.

4.  Mengunjungi Suatu Tempat
Kita sebut aja Hang Out yah biar keren. 
Hang itu menggantung. Out itu di luar. jadi Hang out itu apa? menggantung diluar biasanya baju, oh Hang out berarti Jemuran! 
Bukan. Hangout itu ngeluyur. Berkumpul, jalan-jalan ke suatu tempat, nongkrong, mengobrol dengan sesama teman-teman sepergaulan, menikmati tempat tersebut sambil makan, nyantai, minum.
Jadi, cobalah dengan Hang out bareng teman-teman mungkin bisa membantu menyirnakan perasaan kangen dan rindumu. mengunjungi suatu tempat seperti ke alam yang fresh dan bebas biar plong. contoh : ke pantai, ke air terjun, ke pemandian air, ke taman, ke puncak, asal jangan ke hutan ya ntar tersesat loh! 

5. Karokean
Sekarang lagi ngtrend-nya karokean loh. gak bisa nyanyi gak punya suara bagus ya pede aja masuk ke ruang karokean. sepertinya melepaskan suara cempreng saat di ruang karokean adalah hal paling menarik. pasti kalau lagi kangen pengen teriak kan? jadi saat karokean sama teman-teman atau sendirian puas-puasin deh teriak dan keluarin suara. maka tanpa sadar rasa kangen dan rindu anda akan hilang, tapi siap-siap aja suara anda akan hilang.  hihihi

6. Tentukan Waktu untuk saling Bertemu
Mengungkapkan perasaan kangen dan rindu memang belum cukup, rasanya belum benar-benar terobati. jika saat ini anda sedang terbentur jarak jauh, cobalah tentukan waktu yang tepat. 
kapan saya bisa bertemu dengan keluarga? kapan saya bisa mengunjungi saudara di kampung? kapan saya bisa melihat wajah dan senyumnya? kapan saya bisa berkumpul dengan sahabat saya seperti dulu? kapan saya mengajak jalan-jalan istri dan anak saya? kapan saya berbagi cerita dengan mereka? 
Maka dengan menentukan waktu yang pas kita dapat merencanakan pertemuan kita dengan seseorang atau mereka (yang kita rindukan) kapan kita bisa saling bertemu. dengan begitu perasaan kangen dan rindu akan terobati dan anda tidak bersama dilema dan kegalauan lagi. 

Sekian, semoga tulisan ini bisa menjadi tips buat anda yang sedang berada di titik kerinduan dan bisa mengobatinya dengan hal-hal diatas. untuk kesekian kalinya kangen dan rindu pada mereka-mereka yang kita cintai dan kita sayangi, semoga kerinduan tersebut terus mengalir dan bisa kita lewati dengan baik. Salam blogging :)   

32 komentar

jadi makin tambah rindu keluarga dan teman2 di kampung hiks hiks hiks
tpi boleh di coba juga nih tips nya

waduh, kayaknya beberapa tips ini saat ini tidak berlaku bagi saya, soalnya saya sudah menikah hehe. tapi mengingatkan masa lalu hehe

Kalau saya lagi kangen sama ortu biasanya ngelakuin no. 1 menangis dalam doa trus no. 3, berusaha berkomunikasi walaupun hanya lewat sms atau telponan walaupun cuma sebentar..

jgn nangis atuhh, riski :)

ih, mentang-mentang udh menikah mahmas rohim :D
kan kangen sama rindu bisa ke siapa aja loh mas, ke guru ke teman. wkwk. tapi biasanya ingat mantan mas? gak kangen tuh sm mantan? :D

berarti rumah kang maman jauh ya sm ortu.
besok saya nikah rumahnya dampingan aja deh sm ortu, biar klo kangen lgsg peluk :D hehe

sudah hampir setengah tahun di tanah rantau, kangen jadi nya

msh setengah tahun, dulu aku 6 thn :D

waw 6 thn, lama sekali itu hahha :D

lagi kangen sama temen se-genk dulu waktu SMA.... hiks gimana caranya bisa kumpul lagi, jalan bareng lagi kalo mereka semua udah pada nikah.... ?

Aku lebih suka mengobati rindu dengan 'menyibukkan diri sendiri' Soalnya kadang aku kalau rindu gitu suka agak gimana gitu, jadi dengan menyibukkan diri, semuanya rasanya nggak terasa gitu :)

Kangen apanya rindu? :D

Yang nomer 5 sayamah NO mbak, ngapain mbak karokean menghamburkan uang saja .. hehehe

nomor 6 tuh udah jelas bener mba klo rindu ya sebaiknya ketemu aja :)

komunikasi atuh kang marno, sosmed mereka pasti ada salah satunya.hehe

dua duanya ajah ya bunda :)

itu kan pilihan toh mas lukman, hehe.

tentukan waktu dulu dong, direncanakan kapan bisa ketemu.

Kalau menurut saya semua point yang disebutkan mbak diatas tapi kalau yang saya alami hampir point diatas belum begitu ampuh mbak.

wah loh? jd kalo mbak kangen biasanya ngapain untuk mengobati rasa rindunya? :D

Kalu saya lebih ke poin 1 dan 2. Kalau mengunjungi tempat misalkan tempat wisata malah buat saya semakin kangen.. Mbak he he he

setelah melahirkan aku kembali bekerja, karena pekerjaan mengharuskan untuk menginap jadi dengan berat hati menitipkan anak pada mertua.. karena terpisah jarak dan waktu jadi sering banget ngerasa kangen padahal masih satu kota :D

wih kangennya berat ya mas sampe makin kanget kalo ngunjungi tempat :D hhehe

kasian bgt ya bun, msh kecil hrus dititipin. tapi pekerjaan juga gak bisa ditinggalkan ya. sabtu minggu waktu yg tepat buat ketemu si kecil ya bun..

Obatnya kangen ya, harus bertemu. Jalan jalan dan makan enak. Kalau coba berdoa, nah kapan terobatinya :)
Kalau cari kesibukan tetep kurang konsentrasi.

berdo'a biar tenangan dikit mas, trus biar diksh kesempatan buat bertemu. mgkn kendala bertemu krna gak ad uang dan waktu. hehe

tes tes.. kenapa yah foto saya yang handsome ini tidak muncul di sini...

hahaha :D lebih imutan kucing nya kang

Untungnya teknologi semakin canggih Yu... Saran saya kalo kangen melanda langsung aja Video call'an aja...

Hehe, iya wahab.
video call msuk point nmor 3 Berkomunikasi. tp tergantung penggunanya jg, tknologi makin canggih msh ad jg yg blum pny smartphone, krna alasan alasan tertentu. hiks :'(

Anak Tekhnik itu hatinya baja kan? :D pasti bs melewati rasa kangen. hehe

Ahi hi hi, mendingan foto saya atuh kang maman lebih jelek, ahi hi hi.

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top