Sabtu, 05 November 2016

Capek Mengetik Ulang? Tulisan Hasil Scan Bisa diubah ke Word

Pernahkah kamu melupakan penyimpanan file kerja (word) yang cuma selembar atau dua lembar? lantas file itu dibutuhkan kembali disaat genting atau darurat. Atau Kamu mendapati tugas untuk menyalin dokumen dari sebuah buku yang berlembar-lembar namun males mengetik ulang? atau Tugas salinan dokumen yang banyak tersebut dibutuhkan secepat mungkin dan kamu lambat mengetiknya? atau dan lain-lainnya. 

Saya mengalami hal ini, terkadang males mengetik pekerjaan yang cukup antri. Jujur saya gak kuat lama-lama depan monitor kalau hanya untuk mengetik, rasanya membosankan dan membuat mata saya lelah lalu pusing. Mungkin pekerjaan mengetik dokumen 1 atau 3 lembar saya terima dalam waktu singkat, namun untuk dokumen yang banyak (berlembar-lembar) saya meminta waktu beberapa hari atau mungkin saya menolak halus. 

Tapi, saya cukup enggan dan segan kali ini untuk menolak menyelesaikan ketikan hampir 100 lembar. dan soal waktu 2 minggu saya terima saja, saya menerima sebagai tantangan dan toh saya dapat manfaatnya. Rasa malas saya buang jauh-jauh, posisi semangat saya atur dengan sebaik mungkin.
Nah, Bagaimana Cara menyiasati menyalin dokumen yang banyak dalam bentuk word dalam waktu singkat? Berikut langkah - langkah mudah yang dapat sobat lakukan : 

1. Scan dokumen kedalam mesin printer (yang memiliki scanner) dalam bentuk gambar/JPEG
2. Buka Microsoft Office OneNote (disini saya menggunakan Office 2007)

3. Tarik gambar hasil scan kedalam Micr.Office OneNote atau Klik Menu Insert>Picture>From Files

4. Klik Gambar hingga terblock menyeluruh > klik kanan pilih Copy Text From Picture 

5. Buka Aplikasi Microsoft Office Word dan Paste kan hasil copyan text

6. Edit tulisan yang telah dicopy sedemikian rapi agar enak dipandang. Selesai!

Dengan cara diatas, sobat hanya perlu mengedit tulisan yang berantakan. Mulai dari kurangnya huruf yang terbaca, susunan tulisan dan ejaan, ukuran tulisan, page layout dan format lainnya. Namun cara tersebut cukup efektif membantu sobat dalam menyelesaikan pekerjaan menyalin dokumen. Sekian, semoga membantu referensi sobat dalam menelusuri Cara menyiasati menyalin dokumen yang banyak dalam bentuk word dalam waktu singkat. Terimakasih atas kunjungan Anda, Selamat Mencoba!
Komentar baru tidak diizinkan.
Back To Top