Senin, 16 Mei 2016

Catatan Pribadi : Keterbatasan seorang Blogger Newbie

Baru-baru 3 bulan ini saya semangat kembali untuk aktifitas blogging. sebelumnya ngeblog hanya untuk tujuan curhat dan berkunjung ke blog teman sekolah dulu. plis jangan bongkar cookie saya dulu gimana ya, hehe. terusin aja tulisan yang saya lanjutkan ini. 
Usia blog saya memang sudah lama, kalau tidak salah sejak tahun 2012. entah apa yang saya posting dan akhirnya saya hapusin. sehingga catatan postingan yang masih tersimpan itulah yang saya suka, terlihat hanya pada tahun 2014 karena saya mulai online lagi di blog dan itu masih ngeblog catatan absurd (gak jelas;ambureghul).  
Rencananya saat ini benar-benar ingin fokus ngeblog dan melanjutkan ilmu-ilmu blogging yang belum banyak diketahui, saya mau melek dulu apa sih dan gimana enaknya blogging. 
Karena saya merasa masih berstatus seorang Blogger Newbie saya ingin membuat Catatan Pribadi dan yang saya bahas yaitu kendala yang sering saya alami saat blogging. saya simpulkan menjadi Keterbatasan seorang Blogger Newbie. Inilah keterbatasan saya, hehe :)

Sumber : kikolani.com

1. Keterbatasan Ide Postingan
Untuk menambah postingan setiap hari minimal 3 artikel atau lebih masih sulit saya lakukan. saya bingung menentukan ide postingan saat berada di depan layar. malah herannya saat saya dibelakang layar (baca: sedang dirumah) lebih banyak muncul dan ingin segera dituliskan. saya menjumpainya misal saat sedang asyik mengobrol dan membahas kejadian sehari penuh di warnet bersama adik. atau hal-hal unik yang saya temui saat menonton tv, saat chatting dengan doi maupun browsing masalah lainnya. perlunya mencatat ide dan judul postingan adalah solusi bagi saya yang penuh keterbatasan ini. 

2. Keterbatasan merangkai Tulisan/Artikel
Jujur saja, saya gak punya hobi menulis atau pandai berkata-kata manis untuk menulis. saya lebih suka berkomentar/blogwalking pada blog teman. menulis sering membuat kepala saya pusing dan fikiran mentok macet, apalagi menulis dan mengembangkan kalimat dari judul/masalah yang diangkat sumbernya banyak dan saling berkaitan. akhirnya saya lebih sering menulis - menghapus - memperbaiki - menulis lagi - menghapus, begitu seterusnya hingga waktu banyak terbuang. itulah kebenaran adanya "banyak membaca, sering meluangkan waktu membaca, memahami konten bacaan yang membuat pengetahuan dan wawasan makin berkembang" memungkinkan seorang blogger mudah menulis dan mengalir saja apa yang ingin disampaikan dalam tulisannya. 

3. Keterbatasan Waktu 
Sebenarnya waktu-waktu sempit di tengah kesibukan sangat berarti untuk mencuri kesempatan menulis. waktu terbatas karena banyaknya pekerjaan utama, belum lagi kendala lain yang menyita waktu pribadi untuk menyempatkan menulis/mengupdate blog. akhirnya draft yang sudah diselesaikan beberapa paragraf nyaris gak bisa diselesaikan dalam waktu sekali duduk. sebenarnya jika kedua point diatas meringankan memori kita, bukan gak mudah bagi seorang blogger newbie bisa menghasilkan 3 artikel atau lebih dalam keterbatasan waktu. Iya kan? 

4. Keterbatasan mengelola Halaman Blog dan Edit Html 
Berkecimpung di dunia blogging membuat kita harus memahami kode dan script dalam edit html. dan menyeimbangkan dengan banyaknya tulisan/postingan yang dimuat agar blog kualitasnya meningkat. makin kesini saya makin merasa asyik berada di dunia blog, inspirasinya mungkin saat blogwalking saya justru merasakan asyik tersendiri. Tetapi, seringnya blogwalking membuat saya selalu penasaran ingin membuat tampilan/halaman blog bisa seperti blog-blog mereka itu gimana caranya. saya pun mencari cara untuk bisa, akhirnya saya menemukan saya coba. gimana kelanjutannya? justru, hasilnya malah berantakan dan amburadul. terpaksa saya unggah lagi template back up saya atau saya memilih template default. ngerasa bosen kan kalau tampilan blog gitu gitu aje? pengen menarik dan unik kan? Menurut saya, mengelola halaman blog merupakan tingkat kesulitan tertinggi. tapi jika berhasil menerapkan? senang dan tingkat kepuasannya lebih tinggi lagi.

5. Keterbatasan Jaringan Internet
Apa memang itu godaan dan ujian bagi seorang Blogger Newbie yaa? pas lagi banyaknya ide, udah menentukan ide yang tepat, udah dirangkai dan disiapkan 1 halaman, giliran mau di posting tiba-tiba saja Internet disconnect, Internet lelet, Paket Internet habis. menyedihkan, bhroo! masih mending kan udah disiapkan artikel/konten tulisan bisa dilanjutkan publikasi lain waktu, eh ini masih mau nulis di laman compose tiba-tiba muncul tulisan "maaf internet anda sepertinya ada kesalahan, maaf internet anda terputus, maaf sepertinya anda butuh imunisasi semangat dulu" kalau begini saya langsung menangis disudut kamar dan mengurung diri mengechek modem atau manjat genteng :(

Demikianlah serentetan Catatan Pribadi saya dalam dunia Keterbatasan. Semoga point-point diatas dapat segera saya singkirkan dan bisa diperbaiki serta meningkatkan kemampuan diri untuk lebih fokus dalam dunia blogging. Kalau kamu sobat? apakah sama juga menemui keterbatasan dalam aktifitas blogging? Mudah-mudahan kita tetap semangat ya ngeblognya. Happy Blogging!

14 komentar

Iya mbak betul itulah kekurangan blogger newbie, tapi memang susah sih kalau masih newbie karena susah untuk menentukan langkah yang harus diambil untuk kedepannya seperti apa dan harus bagaimana karena kan blogger newbie belum tau semua itu jadi blogger newbie tidak akan langsung menjalankan blog yang langsung bagus karena proses itu membutuhkan waktu dan secara bertahap juga.

yup, dibutuhkan sebuah proses dan waktu! hihi
Thanks sudah mampir mbak sri :)

semangat non, saya yakin dengan kualitas tulisan sebagus ini (walau masih newbie) kedepannya non rahayu Insya Allah bakalan jadi seorang blogger handal yang patut diperhitungkan, saya yakin itu...

Iya apa yang mbak rahayu sampaikan diatas itu juga Sama dengan kita. Dan untuk menjadi Blogger sejati pun tidak lah mudah tidak segampang yang kita bayangkan sebelumnya namun semakin masuk ke dunia blogging Ternyata sangat sangatlah enak puol.

kalau saya tidak menghapus yang Dulu namun membuat lagi :D
Mari kita bersemangat lagi dari sebelumnya. Salam satu nusa satu bangsa.

Amiiiiiin. Makasih doanya kang maman ^.^
Tolong yg baca bantu Aminkan doa kang maman buat saya...hehe :)

hehhehe.. saya menghapus yg dulu krna byk tulisan curhat, mas jun :D
Ayo SEMANGATTT!!

kalau dlu saya mah keterbatasan jaringan internet, skrng Allhamdulilah saya ngikut wifi tetangga, jadi bisa online kpn pun deh

Enak banget tuh sbg pengguna wifi penikmat grtis yah. tetangga yang baik buat tetangganya :) hehe

semua hanya butuh proses aja kok

iya mas, saya masih dlm proses itu..hehe

Kalau sayamah biasanya kehabisan ide,,, bingung nyari bahan buat ditulis,,,, dan satu lagi yaitu "Males", itulah keterbatasan saya :D

hehe, saya jg kdng maless..
kalo udh bingung dan mentok ya akhirnya maless..

Untuk no 5 saya punya solusinya, sering-sering lah berkunjung ke rumah teman karena disana ada HP Android yang sewaktu-waktu nganggur dan gunakanlah kesempatan itu untuk menghidupkan wifi portable nya diam-diam :P

Syngnya Hp sih kawan di Ksh POla/Kunci.
Terpaksa di bobol dlu akun gmailnya. haha
dan itu kelamaan, selak sih dia mencurigai tindakan kita. :D wkwkw

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top