Jumat, 13 Mei 2016

Macam - macam Istilah Kerusakan pada Komputer

Komputer sudah banyak berjasa pada kita. memudahkan dan membantu setiap urusan pekerjaan kita. kita dapat menggunakannya untuk kepentingan mengetik, main game, editing video photo, bahkan browsing termasuk blogging. terlepas dari semua itu, ada saatnya dimana komputer benar-benar lelah menghadapi tuntutan pekerjaan anda. disitulah awal mula komputer kekurangan kesehatannya, tapi anda semakin sering menggunakannya tanpa menyadari dan memperdulikan kesehatannya. jika sudah fatal dan kronis maka komputer anda kehilangan kesehatannya atau mati total atau tidak dapat lagi berfungsi. anda bingung anda juga akhirnya kehilangan akal sehat atau emosi gak jelas. jangankan anda, sayaaa jugaaa :( hahaha
Okelah, dalam beberapa kasus yang sering saya temui di warnet sering sekali komputer mengalami kerusakan. ya maklum saja itu karena tangan tangan (user) banyak menggunakannya. anda pun pasti pernah menemui hal serupa pada laptop/komputer anda, ya kan? 
Disini saya tidak memberikan solusi daripada kerusakan tersebut tapi saya cuma mau menyebutkan Macam - macam Istilah Kerusakan pada Komputer tersebut, hehehe. apa saja istilahnya? anda pasti sudah familiar mengenalnya. 

- Error
Secara umum Error itu artinya Kesalahan atau Kekeliruan, Kegagalan. ujung-ujungnya susah move on. jadi, Error itu kesalahan tidak dapat melanjutkan perintah komputer, tidak sanggup menjalankan system berikutnya, tidak sanggup melanjutkan masa depannya. akhirnya orang yang menggunakan komputer juga error, dimana pengguna saat itu sedang tidak stabil, lemah, atau fikirannya kosong. 

-  Hang
Hang diartikan macet, berhenti. tidak dapat menerima respon atau perintah. Hang menyebabkan semua komponen menjadi macet, termasuk keyboard dan mouse menjadi lumpuh dan tidak bergerak. akhirnya pengguna komputer terkena wabahnya menjadi hang saat ditanya "hey, kamu mantannya sih anu ya? kok udah gak jalan lagi sama sih anu?" maka disitu anda nge-hang (baca: beku, bingung, sedih, pura-pura lupa dengan memilih diam)

- Not Responding
Not Responding kalau diartikan gitu aja tidak bertanggung jawab. artinya menyerahkan keadaan perintah komputer kepada pengguna untuk menunggu atau mengakhiri. komputer menjadi lelah karena merasa terbebani dengan banyaknya aplikasi (software) yang dibuka. 
sama halnya seperti saat anda berada di masalalu "kamu mau kita lanjut atau putuss? aku lelah sama kamu. tapi terpaksa anda lebih memilih diam untuk menunggu dan pada saatnya anda menerima keputusan pahit. 

- LAG
Lag berarti ketinggalan, patah, lambat. lag sering digunakan dalam bahasa internet dan gaming. "ih, gamenya nge-lag, eh internetnya nge-lag" jadi lag atau ngelag merupakan keterlambatan sebuah proses/perintah pada komputer untuk menjalankan aplikasi atau system. karena terlalu banyak makan ram/memory, akhirnya stuck sementara. kita juga sering menyebutnya lola alias loading lama. 

- Crash 
Secara umum Crash ialah tabrakan, gagal, hancur. Crash menggambarkan suatu program komputer tiba-tiba terhenti atau keluar dari program itu sendiri. crash bisa berakibat dari bentroknya software dan hardware, atau konflik software dengan software. banyaknya, crash bisa muncul karena serangan virus menghantam isi system windows (local disk C) atau lumpuhnya sistem antivirus karena tidak di update. dan banyak lagi kasus kasus crash (baca : perselingkuhan)

Demikianlah sekilas mengenai Macam - macam Istilah Kerusakan pada Komputer yang dapat saya bagikan sedikit ini. semoga dapat memperjelas pemahaman anda melalui penjelasan singkat, padat dan kurang akurat tersebut. Mohon maaf ya sobat jika banyak kekurangan dalam penyampaian. Salam Blogging!

47 komentar

istilah yang saya kenal ketika main game yaitu LAG :D

paling sering pas main game online laptop malah ngLAG, ntah ini laptopnya atau gara2 jaringannya. heheh klo Hang blum pernah klihatannya laptop saya

Nge - LAG... kata-kata yang sering banget terdengar klo lagi pas di warnet,,, bocah-bocah pada ribut sama penjaga warnetnya,,,

"Bang Komputernya... Nge-lag bang... anjirrrr...!!!

keluar semua nih anak gamer. suka bgt main game yaah :D

bisa keduanya dek.
tapi kasian loh laptop dijdikan mainan game online. apalagi yg sizenya besar. :(

itulah yg saya rasakan. :(
server game kdng bisa aja lg padat, atau jringan kdng mainten :'(

Wah, wah, ini dia artikel paling dicari kalau komputer sudah bermasalah, masalah-masalah tersebut yang disebutkan di atas, semua pernah saya alami bahkan semuanya pernah dialami dulu, sampai hampir hilang kesabaran kalau mengingat kembali, sudah lah berat sekali, macet-macet, karena mungkin kurangnya pengawasan dan perbaikan untuk masalah tersebut, jadi ya begitu, terima kasih atas informasinya, yang sangat membantu.. :)

yang paling penting orangnya gak ikut error neng.
hmmm... saya inget tahun lalu waktu saya nganter tetangga mau beli laptop baru dengan procesor core i3 harga 5 jt-an, meski belum tahu cara kerjanya.

sampe rumah langsung aja tuh laptop dihidupin, trus dia telpon saya dan bilang
dia: ini laptop gimana ya? kan masih baru kok udah banyak isinya
saya: mana bisa banyak isinya?
dia: betul, kalo gak percaya sini lihat saja sendiri
saya: aneh (pikir saya)
saya: itu yang banyak isinya dimana?
dia: Local disk (C)

denger dia bilang gitu saya ketawa kecil dan bilang "udah hapus saja, caranya tekan Ctrl+A, lalu Shift+ Del" awalnya gak ngerti juga dia mencetnya yang lalu saya pandu.

dan habis itu si laptop baru gak mau hidup lagi. hihihi...

ih...ternyata c neng jago urusan perkomputeran, sampe tau bermacam-macam istilah kerusakannya segala...keren deh ih.
pelajari dengan seksama ah

paling sebel kalo udah crash mbak ampunn deh serasa pengen mbajak di sawah beneran ajjeeee hehehe

Hampir semua yang disebutkan diatas sudah pernah Saya alami mba,,,apalagi kompi yang Saya gunakan emang udah jaduul

iya kan, kita sbg pengguna kdng smpe dibuat hilang kesabaran - paling pusing dan sebel klo nemui komputer tiba" error apalagi hang. hikss :(

hahaha. kasiahh eh mas temennya digituin, kehapus system semuanya. bhuahaha. ressek dih kang ifrod, pasti temennya ngembekk tuh :D

gak banyak tau pakdhe, cuma secuill loh. hehe :D

mending mbajak sawah mas, sekalian bisa mainan air di deket sungai. ketimbang ngadepin kompt error kan :(

hehe, iya mas setiap org yg udh lama pake kompt pasti bakal ngalamin semuanya diatas :(

Kalo aku ... langsung aja bawa ke dokter komputer. :v Gak ngerti masalah ginian.

Browserku seringnya Not Responding :'(

Error/kekeliruan dan Not Responding paling itu saja yang sering terjadi pada kompi atau lapi saya non, selebihnya mah jarang terjadi dan masih bisa diatasi sendiri.

Yang paling familiar di telinga saya cuma 3 poin yang pertama, error, hang, not responding,

Kalo sudah mengalami yang hal-hal diatas dapat dipastikan pikiran nggak tenag ya mbak, soalnya ngeblog bakalan terganggu. Memang seharunya blogger itu selain bisa nulis harus bisa perbaiki komputer sendiri :)

Ini saya suka dari blogger wanita satu ini..
diam2 jago oprek PC juga ya... salut
tuh bahasa2 kerusakan2 aja susah di tandingi.
mantap mba

404 not found mbak, itu artinya apa ya mbak .. hihihi

eeaak, dokterr komputerr :D
bunda ih pasca melahirkan kebawaan bahasa medis nih..haha

kebanyakan buka tab kali bun, hihi.
atau ke klik script iklan dan pop up yg menjengkelkan. :( saya jg gitu sih terkdng.

lanjutkan kang maman..hehe
selagi msh bisa berinternetan ria yaah, hihi

iya mas udh tenar kali ya 3 kalimat kerusakan itu. hehe
terlalu ketenarannyaa..hikss

iya bisa kacau fikiran dan emosional kita..hehe
maunya jg gtu ya mas, bisa kedua duanya.

Kalau sudah lag terkadang bikin kesel banget ya...

hahahaha. berlebihan mas rud :D
suka bongkar krna tuntutan jg, ya jd akhirnya belajar sekalian tau.

byk faktornya itu mah, mas.
lebih detailnya baca di blog mas rudi SE mas lukman..hehe

tapi klo aku pribadi sih, 404 not found krna jaringan gak bisa menjangkau ke link yg dimksud, link dhpus link rusak linknya berat dan link link akhirnya link lunk :D :D

iya pakdhe indra, ngeselinnya sampe ngeluari api di kepala. hoho :D

Kalau istilah kerusakan komputer yang paling sering saya dengar adalah LAG mbak karena saya suka dengar istilah itu saat sedang main game online diwarnet (biasa main juga penting) kan disamping biasa masih muda muda semua samaan lah umurnya dengan saya dia itu gamenya lelet dan itu suka teriat "LAG" aduh dasar orang hutan teriak mulu. Ahi hi hi.

iya main game teriak gitu bilang LAG mengganggu! haha
kurang kerjaan teriak, wkwk

istilah2 diatas adalah momok menakutkan bagi pengguna komputer. namanya juga keusakkan, pasti selalu merugikan. tapi kalau komputer ngelag atau ngehang, itu emosi benar-benar terkuras..

Nah, ulasan seperti yang saya butuhkan. Soalnya kadang komputerku rusak, tapi saya tidak tahu apanya yang rusak. Matur nuwun, ya, Rahayy... :)

Wah sepertinya mbak ayu ini penggemar game online juga ya ?

gak kang, gak suka main game :(

yup merugikan bingit. emosi sulit dikendalikan, paling mentok ya nangis ngeliat kompt gak bisa di selamatkan :D

hehe, maaff ya om kalo baca penjelasan diatas gimana gitu :D
sama" om, mohon dimaafkan ya om atas kekeliruan tulisan saya tsb. ihhihi

iya non, itu yang paling penting...

Hehe, iya Kak, tapi kalau beberapa masalah yang masih dapat diatasi, segera diatasi Kak, jangan sampai kalau sudah yang kena parah seperti pengalaman saya itu, lengkap derita.. Wkwk..

istilah LAG dan Crash baru tau nih, hehe maklum IRT belum faham betul, kalo error yaa cuma bisa nunggu suami pulang

wah enak dong bun, bisa tempat perbaikan yg dekat yaitu suami sendri.hhe

Wah... dari kesekian, banyak komentar tentang macam macam istilah kerusakan pada komputer, cuma saya yang baru dateng...
Sepertinya saya telah hehe :D
Salam kenal Mba Ayu... :D

gapapa telat mas. yg pting kita bisa menjalin persaudaraan sesama blogger :) hehe
Salam kenal kembali mas dedy.

Artikelnya Bermanfaat..Tpi Please jangan Bahas Masa Lalu..Diri ini gak kuat.

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top