Senin, 08 Agustus 2016

Cara Sederhana Mempopularkan Alamat Blog Pribadi

Sayang sekali rasanya jika memiliki blog pribadi namun tidak ditenarkan, di popularkan, dibagikan atau dikenalkan kepada publik/khalayak umum. Efeknya adalah blog tidak akan berkembang alias pengunjung tidak ada, oh menyedihkan! 
Menyiasati demikian, saya sebagai Pemilik blog Catatan9empat melakukan Cara Sederhana untuk Mempopularkan Alamat Blog Pribadi. Selain caranya mudah dan sederhana, media yang saya gunakan akhirnya ada manfaat dan sisi baiknya, terutama melengkapi profil dan identitas saya. hehe
Mungkin sebagian blogger dan sahabat juga sudah melakukan cara berikut ini bahkan cara yang digunakan oleh sobat blogger untuk mempopularkan blog juga lebih dari saya dan hasilnya sangat fantastis. 
Oke langsung saja saya tunjukkan Cara Sederhana Mempopularkan Alamat Blog Pribadi versi saya, mohon mengikuti cara efektif berikut ini yaa... :)


Mempopularkan Alamat Blog Pribadi melalui Akun Sosial Media
Sebagai pemilik akun media sosial apa saja, saya juga ikut bersosialisasi secara terang-terangan dan sembunyi-sembunyi melalui akun media sosial yang saya gunakan. Saya juga termasuk aktif dan menyukai aktifitas di berbagai media sosial, tidak banyak. sedikitnya, saya memiliki akun media sosial seperti; Facebook, Twitter, WhatsApp, Blackberry Massanger (BBM), Instagram, dan Line. Menurut saya, meski wajah tidak cukup kiyut dan babyface pasti adalah ya teman dan pengunjung mengintip-intip profil akun media sosial saya atau bahasa alaynya kepo dan stalking. Sehingga kita mendapatkan feedback dari akun media sosial yang kita gunakan atas klik sengaja/tidak sengaja menuju alamat blog pribadi kita. 

1. Google+
Bergelut di Blogger sudah pasti terhubung dengan akun gmail. Gmail telah memfasilitasi google+ salah satunya, dengan memanfaatkan google+ sebagai cara yang paling mudah dan efesien untuk membantu mempopularkan blog pribadi. apalagi jika terhubung dengan banyak teman di google+ dan saling menekan + maupun share artikel dapat membantu blog kita dikenal oleh blogger/teman lainnya. dengan sering mengirimkan artikel ke google baik manual/otomatis maka setidaknya ada teman/pengunjung yang mengklik artikel yang telah kita publish.



2. Facebook/Fanpage
Menuliskan alamat blog pribadi pada halaman depan akun facebook pribadi memungkinkan pengunjung/teman facebook akan penasaran dengan situs/link yang kita tempatkan. apalagi dengan cara khusus membuat halaman facebook untuk blog yaitu Fanpage. dengan setiap harinya juga membagikan artikel/postingan blog kita ke kiriman facebook. sehingga teman akan membaca dan melihat pada beranda facebooknya. 

3. Twitter
Menuliskan alamat blog pribadi pada halaman depan akun twitter juga memungkinkan teman twitter kita merasa penasaran dan akhirnya sengaja/tidak sengaja mengklik url blog pribadi kita. apalagi jika kita secara rutin membagikan kiriman artikel kita secara manual ke twitter. 


4. WhatsApp
Daripada menuliskan status atau pesan pribadi di akun WhatsApp, mending membagikan alamat blog pribadi di akun WhatsApp. Untung-untung ada peminat yang bersedia berkunjung ke blog kita dan sering kepoin alamat blog kita. Jadi tetap ada sisi positifnya ya menggunakan akun sosial media.

5. Blackberry Messenger (BBM)
Saya termasuk sering juga menuliskan status di bbm, tapi belajar untuk menjadi dewasa secara pelan-pelan dengan menggantikan kutipan url blog pribadi. Syukur-syukur, ada teman di BBM berminat dan berkunjung ke blog. sekedar menambah pageviews jadilah, apalagi jika mereka gak sengaja klik iklan.. Alhamdulillah ^^


6. Instagram
Membagikan sebagian aktifitas dengan cuplikan foto ataupun video bersama teman, keluarga, rekan kerja atau teman sekolah pada Instagram juga memungkinkan teman instagram akan mengunjungi akun instagram kita. selain menekan tombol love instagram dan mengomentari moment photo maupun video kita. Jadi tak ada salahnya untuk melengkapi profil kita dengan meletakkan url blog kita pada Instagram.  


7. Line
Selain koneksi dengan berbagai teman di Line baik chatting maupun video call, maka menyempatkan waktu untuk membagikan post/kiriman artikel blog ke dinding Line juga fantastis. dengan menuliskan alamat blog pribadi dan sering mengirim artikel update ke dinding line memungkinkan teman penasaran dan mengunjungi tautan link yang sobat bagikan. 


Tentunya cara diatas hanya sebagai pelengkap dan membantu saja, karena sebenarnya banyak cara lain untuk dapat mempopularkan alamat blog yang kita miliki. Cara Sederhana ini masih jauh kalah tentunya dengan cara blogger master yang lebih berpengalaman dan banyak tau soal SEO. Semoga bermanfaat, Ganbatte!

54 komentar

Kalo saya sih paling di Google+ ama BBM (PM) doang hehe. Kadang di Twitter juga sih, Yu.

Fotonya kok di blur Yu...
Udah kayak...

Wuih... gencar juga nih promosinya, saya paling cuma di google plus dan facebook.

BTW : Keren juga cara promosi blognya... moga makin sukses dan terkenal catatan9empat.com nya. Amiin.

Boleh dicoba nih caranya. Biar makin terkenal blog saya :D

di isi disemua medsos dan aplikasi bbm ya mbak, hehehe

saya kaalo di fb sma google plus udah sih kalo twitter mah nggak ngerti cara makenya sih mba masih bingung.

iya promosikan blog itu bisa dimana saja dan kapan saja ya mba, saya biasanya pamerin nama website saya sama temen-temen biar mereka penasaran pengen buka hehhehe

Kalau saya mah di google plus dan fb saja mbak tapi bukan menggunakan fb pribadi.

Benar tuh mba mempopularkan alamat blog pribadi bisa dimana aja dan kapan aja termasuk di seluruh medsos :D kalau di fb mh saya gak gunakan fb yang biasa saya pakai tetapi di fb selingkuhan :D

Kalau aku via twitter (karena otomatis nyambung ke sono), linkedin, sama google+. Sesekali ke FB (akun pribadi atau FP). :)

poin empat cocok benar, aku juga mau bikin di status WA ku kyk mba Rahayu. Tims ya..

sangat komplit, kretife dan inopatif untuk menyebarkan linknya. mantap salam kenala salam blogger.

kirim ke log ilmudes juga bisa lho, ada menu tinggal share, nanti bisa langsung menuju website yang punya.

Betul juga yah, saya malah belum memaksimalkan akun medsos untuk mempopulerkan blog pribadi, padahal semua akun di atas saya punya...

Dengan memanfaatkan semua akun medsos, mudah2an blog pribadi kita makin dikenal luas yaa... Makasih ya non sudah diingatkan..

Nanti saya boleh intip akaun WA-nya ya teh, hehe..

Waw semuanya terhubung. Keren

hihihi kang maman ada2 aja :D

Waah makasiiiih untuk saran2nya, yg alamat blog ditulis di wa, bbm sama line itu belum aku coba :D

Okedeh hapus semua status di wa, bbn, line dengan alamat blog :D

Oh iya kunjungan pertama nih, salam kenal yaaa

aktif jg broh di sosmed yaa :D

Amiiin mas :)
cuma cari cara biar semangat ngeblog terus mas

blog bunda sih udh terkenal tanpa cara diatas bun..hehe

memanfaatkan yg ada mas. biar gak status galau terus :D
bikin org penasaran memang kece mas..hha

identitas ilegal,kang? :P

wih doyan selingkuh. gak kuat LDR dia yaa :P

saya blum prnh makek linkedin om, boleh jg nyoba nih :)

Nama saya namun hanya kepanjangannya saja yang dibedakan menjadi kepanjangan idola saya saja, ahi hi hi.

Keren teh, ntr fans nya teteh penasaran..hehe

salam kenal kembali mas.
done blogwalked yaa :)

iya nih mas, menggunakan menu share jg lebih bagus..

klo kang maman udh maksimal malah, pke app playstore tuh. keren dah kang promosinya :)

gahool sikit boleh lah mas :D

Silahkan bunda cantik, biar ngtrend sikit blog kita yaa..hehe
salam kenal kembali bunda uswah^^

Untung aja itu BBM nya sedikit di samarin kalau ngk bisa diintip sama tetangga sebelah :D

Kalau Sayamah paling fans page sama twitter,,, sisanya paling saya corat coret di kaca mobil yang ada debunya,,, atau yang rada bermodal,, mempromosikan blog di baju dengan cara di sablon atau di bordir,,, :D

haha. tetangga saya gak suka ngintip" loh ya mas..

ih mas ahmad kerennn bangettt.
besok ngikutin caranya mas ahmad jg lah.
saya ntr coret di kaca mobil siapa ya? haha.

Hihi ya..ya mba maklum kebiasaan tetangga2 kampung saya suka ngintip :D

wah bakal makin kaya nih pundi" catatan 94 merdeka mbak rahayu aamiin

Betul sekali, Mbak, mengenalkan blog melalui media sosial itu penting sekali. Baik secara langsung berbagi link atau menulis di data akun :)

hihi aku blom cobain share di wa mb rahayu, takutnya dikick klo promo di grup wa gimana dunk?

Semua lewat jejaring sosial ya mbak :D
saya mah cuma IG dan FB doang, lainnya nggak aktif..
Ehh bbm juga kadang sih. Hahaha'
mungkin yg lain dicoba kalau ada waktu..

Selamat Merdeka mas angki :)
Amiiin atas do'anya..hehe

Kalau saya popularkan bblog pertama lewat blogwalking, kedua lewat facebook mba!

hehe iya pak biar blognya gak sepi dan hening^^

cari aman aja mbak mbul..hehe
mana yg enak aja mnrut mbak..^^

iya mas lewat jejaring sosial aja saya bisanya mah :D
cara mastah bikin njellimett :((

Lalu, ketiga dan keempat mas? :D

betul mbk, cara sederhana namun sangat efektif

yap, media2 diatas memang ampuh. tapi say asih belum pernah nyoba promo blog dari media chat kayak WA atau BBM.. instagram jug abelum sih, cuma twitter sama fb aja paling ya :)

Bukan selingkuhan pacar tapi selingkuhan fb tau.. :D

:) iya mas, efektif dan tentunya akun sosmed kita jd bermanfaat ya

salah satu dan keduanya jg udh cukup sih jev, apalagi kamu jg eksis :D

Emang harus gitu kok, promosi emang perlu untuk menjaring visitor biar blog makin ramai.

Kalau pegiat adsense, sumber traffic dari social media non g+ kabarnya kurang bagus buat earning. Tp kalo trafficnya kecil pun lebih gak bagus jg ya hehe

wah harus diimbangi ya keduanya, mas..^^
sukses buat kita semua..

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top