Kamis, 11 Agustus 2016

Perbedaan Soft Copy dan Hard Copy

Mbak, saya menerima email katanya nanti saat datang ke kantor disuruh bawa Hard Copynya. Hard Copy itu yang gimana ya mbak? trus Bapak itu juga bilang di inbox "Setelah datanya diisi semua dengan lengkap, silakan kirim kembali dalam bentuk Soft Copy" maksudnya gimana ya mbak? 

Pertanyaan salah satu Pelanggan yang beberapa belakangan ini hampir ke Warnet terus untuk mengirim berkas Lamaran Kerja dan sibuk mengurus ini itu kesana kemari. Saya pun ikut merasa sibuk lantaran disuruh chek emailnya secara Up to date dan setiap 1 jam sekali ditelfonin cuma nanya "Mbak, ada pesan masuk gak dari Pt..bla bla..? ntar kalo ada kabarin saya ya mbak biar saya kesana" 

Well, gak ada salahnya kalo saya membagikan pertanyaan tersebut disini. dan mencoba memberikan sedikit penjelasan pada postingan kali ini. saya juga yang mendengar pertama kalinya langsung searching apa itu Soft Copy dan Hard Copy? dua kalimat ini sangat umum di dunia komputer dan sering digunakan oleh beberapa orang di lembaga instansi, perusahaan atau Mahasiswa dan dosen.   


Soft Copy
Menurut arti terjemahannya yaitu Salinan lembut atau lunak
Sehingga jika diartikan yaitu "Salinan data, informasi atau dokument yang sifatnya berbentuk file yang disimpan dikomputer/media penyimpanan (harddisk, flashdisk, memory)". Misalnya olahan data pada Microsoft Word (.doc), Excel (.xls), Power point (.Ppt), gambar (PNG, Jpeg, JPG,Gif) atau Pdf dan format lainnya. 
Jadi, jawaban dari pertanyaan Soft Copy diatas adalah Mengirim dan melampirkan kembali data/dokument ke email perusahaan sesuai yang diminta dalam bentuk lampiran file. contoh : Surat Pernyataan kontrak kerja dalam bentuk microsoft excel (.xls)

Soft Copy (Dokument, File)
Hard Copy
Menurut arti terjemahannya yaitu Salinan keras, fisik.
Sehingga jika diartikan yaitu "Salinan data, informasi atau dokument yang sifatnya berbentuk Print out atau hasil cetakan print". Misalnya olahan data pada word, excel maupun pdf di cetak/print sebagai laporan kerja, arsip kerja atau tugas sekolah/mahasiswa. 
Jadi, jawaban dari pertanyaan Hard Copy diatas adalah Membawa dokument/data yang telah di print/dicetak ke kantor perusahaan sesuai file yang dikirim oleh email Pt tersebut. contoh : lembaran Surat Pernyataan kontrak kerja yang telah dibubuhi tandatangan dan dilengkapi pas photo. 

Hard Copy (Hasil Cetakan/Print)
Jadi perbedaannya cukup jelas bahwa Soft Copy adalah file yang hanya dapat dilihat melalui komputer, sedangkan Hard Copy hanya dapat dilihat dalam bentuk kertas/cetakan. 

Demikianlah Perbedaan Soft Copy dan Hard Copy pada postingan kali ini, semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan anda :)

21 komentar

cukup sulit memang membedakan antara Soft copy dan hard copy kalau kita kurang paham, kalau saya membedakannya selalu ingat dengan Software dan Hardware aja mba :) jadi antara keras dan lunak nya gtu :)

iya mas boleh juga gtu cara membedakannya yaa :)

Yang saya cuma shof drink neng alias minuman dingin....gitu lhoo...jadul banget kan..?

Berbicara soal yang lembut plus lunak saya suka banget lho.mbakyu...
lembut atau lunak apaan coba?

Berkat dateng kesini ane jadi tahu soal
Perbedaan Soft Copy dan Hard Copy makasih ya....mbakyu...

Boleh dong :) kalau gak punya print berati gak bisa bikin hardcopy sendiri dong ya..

soft drink gak membahayakan mas, asal jgn hard drink yaa :D

banyak loh yg lembut dan lunak,mas
tepung dikasih air jg bakal lunak :D
saya klo disenyumin sm pacar jg bakal lunak :D

sama-sama mas, sering" kesini ya mas. ntar saya jamu lagi lho :D

hehe. tetap bisa punya hard copy kok mas. print di warnet aja mas :)

Saya juga mau dong ih dijamu.

Saya malahan baru tahu mbak tentang soft copy dan hard copy walaupun sudah lama sih bermain dan menyentuh halus komputer tapi baru kali ini saya mendengar kata kata tersebut, dan sepertinya masih ada banyak sekali hal tentang komputer yang belum saya tahu mungkin bisa ditunggu lah setiap artikelnya mbak rahayu, ahi hi hi.

Yang pasti hard itu keras,,, soft itu lembut..
Xxixixiixi... Becanda Yu...

ini jg pas saya lg mood nulis kang. hehe
saya jg gak byk tau sih :D

oke, jd fikiran yg keras bisa dilembutkan yaa intinya hab :D
kamu ah banyakan becanda >_<

Memang betul terkadang sulit membedakan antara soft copy dengan hard copy, namun setelah membaca ulasan di artikel ini yang belum paham bisa lebih mengerti sekarang, beda antara yang soft dan yang hard. Yang soft itu bentuknya file, yang hard itu bentuk fisiknya, betul begitu non?

kirain soft copy itu sop kaki sapi yang disalin haha.. beneran saya ga ngerti xixi

elah dalah sayamah baru tahu,,, penjelasan yang jelas mba tentant perbedaan soft copy dan hard copy... sayamah tahunya soft buntut... :D

Benaaarrrr, Selamat kang. hadiah senyum dari saya :) :) :)

ahhh teteh bisa aja. jd pengen makan sop sapi,beneran deh teh laper jadinya :(

sop buntut mas, sop buntut mas. bukan soft boontooth :D

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top