Senin, 15 Agustus 2016

Cara Mengatasi Kartu Internet Yang Tidak Muncul Jaringan Data/Koneksi

Tersedianya Kartu Internet dari berbagai provider saat ini sudah banyak menawarkan ini itu yang bikin konsumen bingung memilih yang mana, harga pun saling bersaing tentunya. Namun dibalik itu semua, mendapatkan sinyal dan jaringan data atau koneksi yang stabil di sebagian daerah masih tergolong sulit dan susah. Di daerah saya, jangkauan internet dari masing-masing provider belum terjangkau stabil. Sehingga untuk menentukan kartu Internet yang cocok di ponsel harus Kartu Mahal, sebut saja kartu Telkom***. Padahal kartu lain yang murah bisa membantu menghemat pengeluaran saya, seharusnya.

Seperti awal bulan biasanya, saya harus membeli kartu baru untuk menyambung nyawa internet di ponsel saya. saya pun pergi ke counter hp terdekat. 
A: Abang counter
B. I'm cool^^

B: "Bang, beli kartu Telkomsel. Yang ini berapa Giga harganya berapa tuh?" dalam hati semoga harganya turun dan bisa nawar murah. 
A: "Ini kartu baru mbak, bisa siang malam non stop gak pake paket midnight. 4 Giga, harganya 80K mbak.
B: Ehm..mahal kali bang, kemarin saya beli disana harganya 60K bang. jawab saya dengus dikit, murah lah bang keg disana. ya ya yaaahh? pasang tampang melas.
A: Maaf mbak, emang segitu harganya. gak bisa ditawar-tawar lagi dow.
B: oh, yalah bg. langsung aktifkan tolong sekalian bang
A: gak perlu mbak, dipasang langsung aktif dan bisa internetan kok. 
B: ah...masa? sambil mikir mungkin ini versi (baca: cara) terbaru.

Setelah melakukan pembayaran dan sambil ngeliat-liat aksesoris hp dan lain-lain disekitar counter, saya pun sudah percaya bahwa kartu siap digunakan, tanpa sedikitpun mencoba/test memasang kartu internet tersebut di hp. Meski saya agak kesal karena kartunya gak bisa ditawar, duit saya habis. Indonesia banget ya suka nawar suka harga murah, haha. 

Saya copot kartu tersebut dari pembungkusnya. saya matikan ponsel, saya pasang kartu SIM, nyalakan hp seperti biasa. Saya chek *889# kuota paket utuh dan beneran gak ada paket midnight. langsung saya tap aktifkan data perangkat. Menunggu 1,2,3 hingga 5 menit. lah kenapa status BBM saya minta "sambungkan" terus? Jaringan Data kenapa gak muncul? Koneksi tidak ada, Anda sedang Offline (google chrome). Hp saya error? saya coba restart, hasilnya sama. saya pindah ke ponsel sih adek dan pasang di modem, hasilnya sama

Fix. Saya chatt ke Fanpage Telkomsel. Saya mengajukan pertanyaan dan keluhan. Fast respon banget dan adminnya terlampau banyak, lebih dari 1 orang chatting sama saya lho.. saya menemukan jawabannya. Dengan pengalaman ini malah bisa jadi bahan postingan saya juga, hehe.


Melalui Kumpulan Cara Mengatasi Kartu Internet Yang Tidak Muncul Jaringan Data/Koneksi yang telah saya survei, berikut yang bisa sobat lakukan jika mengalami hal serupa. 
Lakukan salah satu cara berikut, mana yang bisa membantu sobat :

#Cara 1 :
*Pada Menu Setelan, pilih Jaringan dan Nirkabel>Jaringan Seluler>Pilih Operator Jaringan>Telusuri Jaringan... dan tunggu prosesnya. Mungkin cara ini hampir sama di menu ponsel yang berbeda


#Cara 2 :
*Matikan Data Perangkat, Aktifkan Mode Penerbangan/Pesawat hingga beberapa menit. Kemudian nyalakan kembali mode Data Perangkat dan tunggu prosesnya...

#Cara 3 :
*Restart Hp dan Tunggu beberapa menit, ulangi #Cara 1 dan #Cara 2

#Cara 4 :
*Jika kartu sobat merupakan kartu perdana seperti Pengalaman saya, cobalah untuk aktivasi ke counternya langsung. Nanti pihak counter akan mengirimkan sms dengan format seperti berikut :
POSID (spasi) IDOutlet kirim ke 1818 untuk IdOutlet itu hanya outlet/counter yang tau..


#Cara 5 :
*Jika kartu yang sobat gunakan adalah Kartu Telkomsel, silakan bertanya, minta bantuan dan ajukan keluhan ke Fanpage Telkomsel Adminnya fast respon. Untuk kartu provider lain, silakan searching di google sendiri yaa..hehe

#Cara 6 :
Aktifkan akses Wifi pada perangkat, jika status Wifi pada bar ponsel berhasil dan ditemui wifi sekitar rumah atau lingkungan sobat dan bisa koneksi internet, maka kemungkinan kartu provider yang sobat gunakan sedang error sementara.

Lihat juga: CARA MERUBAH HURUF KECIL MENJADI HURUF BESAR DI WORD 2007 DAN 2010 SECARA OTOMATIS

Bagi sobat yang mencari artikel terkait semoga terdampar disini ya dengan keyword yang sesuai, semoga juga pengalaman ini bermanfaat buat sobat yang mengalami kartu internet tidak muncul jaringan datanya. Mungkin pelayanan/jasa service customer di counter daerah saya perlu dikembangbiakkan agar tidak ada pelanggan kedua kalinya seperti saya. dan saya juga perlu chek teliti langsung untuk kedepannya, terlalu percaya dah sama sih abang ganteng jaga counter :D wkwk

arti Taken

37 komentar

Kalau saya pas beli kartu Telkomsel sama konternya di kasih kode dalam kertas mba katanya gini "nanti kalau udah di rumah sms ya ke 1818 dengan format POSID 26786xxx" saya udah GR duluan mba saya kira si teteh konternya mau saya chatt :D eh ternyata untuk aktivasi saja :D wkwk

Nah itu dia mas. sih abg ganteng semprul kmren gak ksh saya catatan itu, apalagi aktivasi. katanya udh aktif lgsg. tuh kata admin telkomsel jg idoutletnya didapat lgsg dri counternya.. :D

enak dong mas, itu teteh counternya pengertian. haha

aku belum ngalamin kejadian beginian mbak, soalnya saya selalu minta diaktifin oleh konternya... kalau gak mau .. ya saya pindah konter lain lagi aja :v

kmren saya nya udh ngotot nanyain pasti nih udh lgsg aktif, bang? eh sih abng ngotot jg 'iya beneran lgsg aktf' gtu mang..haha

Sejauh ini saya tidak pernah mengalami masaah dengan kartu internet, alias lancar2 aja, semoga info ini bisa jadi rujukan kalau sewaktu-waktu terjadi gangguan seperti yang non Rahayu survey selama ini...

iya kang, semoga internetnya lancar" aja ya kang.. ^^

huhu, ini pernah ane alami. tapi ane dulu nelepon ke customer service. BTW, ini bagus banget nih mbak. hihi. keren deh :)

nelfon gratis itu ya mas? saya nyoba jg kmren tpi gak nyambung telfonnya, lgsg mati gitu.
Makasih mas, moga aja membantu yg sdg mencari artikel terkait..^^

saya ga begitu faham mba.. saya minta ke yang berwenang tuk urusin yang beginian, saya sih tahunya langsung pakai aja hehe

Makasih bolh di coba nih! sy kadang juga spt itu

Enak ya mba langsung pakai nggak perlu ribet

Saya juga belum pernah, tapi punya istri saya pernah dan sampai sekarang masih eror

Saya sering sekali mbak ngalamin seperti ini namun kalau saya mah bukan datanya yang tidak masuk tapi kartu simnya dan kalau mau terdeteksi lagi harus diretstar kesel juga sih kalau lama kelamaan.

udh diselidiki mas? wah syng dong kartunya terbuang krna gak bs kepake yaah

Hehe,saya jg maunya gtu kmren teh :(
ya akhirnya saya jg balek lg ke counter itu minta id outletnya :D

Silahkan dicoba mas, moga berhasil mas^^

wah sring restart gak nyaman jg ya mas..

Sayamah jarang kena masalah kek gitu mba,,, yang Saya permasalahkanmah tuh telkomsel udah kagak ada paket midnight,,, Indonesia udah 71 tahun merdeka tapi paket internet masih mahal aja,,, XD

ah mang yono suka manja sih... XD

Saya seneng bgt malah mas, soalnya saya gk prnh begadang kan buat internetan jd syng aja beli mahal tpi kebuang pket midnightnya. haha
iyanih mahal bgt, udah merdeka 71thun jg :(

blum pernah ngalamin kayak gini neng, maklum lah saya kan pake koneksi dari sekolah. hehe gratis

ini mau kasih info atau nglawak ya?,haha. makasih ya infonya dan saya juga udah melakukan sama ya di atas tadi..oke.

Ini punya saya sama kayak artikel do atas tapi kok punya saya ga bisa2 ya? punya saya di kasih orang ga tau outletnya di mana please help :(

service iphone macbook ipad iwatch ipod mu disinii => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI SEMARANG DEMAK UNGGARAN KENDAL Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

Tetep aja ga mau nyala datanya. udah saya coba cara caranya sama aja padahl saya baru beli kartu telokomnya

Iya saya juga tetep aja ga bisa muncul jaringannya

Cara satu munculnya telkomsel doang
Cara dua 100% gk bisa"
Cara 3 jg gk bisa
Soal kode outlet brrti harus bikin data ulang ya

Cara satu munculnya telkomsel doang
Cara dua 100% gk bisa"
Cara 3 jg gk bisa
Soal kode outlet brrti harus bikin data ulang ya

Mas kalo yg gak mau aktif data selulernya di jaringan H+ sma edge, klo 4g bisa, cara atasinya bmna mas

keren.. kunbalnya mbak agus-wijianto,blogspot,com thanks

Trims..tryt POSID solusinya...hehehe

IDoutlet maksudnya apa y? Tolong jawab

IDoutlet nya ga di kasih.. Gimana dong!

IDoutlet nya ga di kasih.. Gimana dong!

Makasih infonya sangat bermanfaat

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top