Jumat, 18 Maret 2016

Cara menjadikan Hp Android sebagai Modem dan Wifi di Laptop/PC

Dirumah saya ada modem tapi gak kepake lantaran kartunya gak ada kuota. karena jaringan internet semakin meluas dan tentunya semakin banyak dibutuhkan, apalagi terkadang saya harus membantu adik saya untuk menjawab seluruh pertanyaan tugas sekolahnya - jadilah saya terpaksa searching dan googling. Kendala saya, kalo searching di ponsel menyulitkan pandangan saya dan merasa layarnya kurang lebar dan luas. kemungkinan karena saya sering berhadapan langsung di layar komputer warnet saya bekerja. hal yang paling menyebalkan, adik saya selalu menagih pertolongan pada saat malam hari-disaat saya ingin beristirahat. waktu siangnya yang banyak habis untuk bermain hingga lalai mengerjakan tugasnya. 
Baiklah disini saya akan membagikan "Cara menjadikan Hp Android sebagai Modem dan Wifi di Laptop" agar orang seperti saya tidak merasa terganggu saat sedang berinternetan ria di ponsel pribadi. haha

jadi tujuan saya membagikan wifi dan menjadikan modem di laptop agar adik saya bisa mencari tugasnya sendiri tanpa membebani saya mengetikkan pertanyaan di kolom search google. :D 

Syaratnya yaitu : 
1. Tersedia android dan paket datanya
2. Tersedia laptop atau komputer
3. Tersedia USB kabel 

Cara pertama - "USB Tethering" (Hp Android sebagai Modem di Laptop)

1. Hubungkan usb kabel dari Hp Android ke Laptop/PC
2. Buka setelan  - selengkapnya - Jaringan dan Nirkabel; centang bagian "menambatkan & hotspot portable"  

3. Centang lagi bagian "Penambatan USB"


4. Lihat koneksi diujung taskbar bawah pada laptop - identifying dan berubah statusnya menjadi "Connected" 


Cara kedua - "Wifi Tethering" (Hp Android sebagai Wifi hotspot)

1. Centang "Hotspot Wifi portable" hingga muncul icon wifi diatas layar android

2. atau bisa langsung sentuh icon pintas "Hotspot Wifi" 


3. Jika ingin melakukan keamanan agar user tidak boros menggunakan paket wifi kita, maka buatlah sandi.


4. Lakukan pencarian wifi android yang telah diberi nama oleh empunya pada ujung bawah taskbar laptop/PC, dan klik "connect" - jika minta password, langsung saja bertanya pada pemiliknya :D

NB :
Menurut pengalaman saya saat berinternetan dengan kedua cara ini, agar koneksi kita kuat dan lancar pada Laptop/PC ; pastikan sinyal di android wajib H+ dan diatasnya :)
dan cara kedua, wifi hotspot bisa digunakan ke semua device (android/laptop).
jangan lupa perhatikan paket data anda, soalnya kalo penggunaan deras tanpa sadar paket anda terkuras :D

Sekian Cara menjadikan Hp Android sebagai Modem dan Wifi di Laptop/PC
Mohon maaf bila banyak kekurangan penulisan dan pemahaman :)

3 komentar

Semakin majunya teknologi memang perlu sekali mengakses internet dimanapun dengan memanjakan penggunanya, dengan adanya bantuan Handphone memudahkan kita para pengguna internet lebih mudah mengkoneksikan internet ya mbak, kalau saya sendiri serignya memakai cara ke dua mbak, lebih praktis tentunya memakai hotspot fasilitas HP.

Semakin majunya teknologi memang perlu sekali mengakses internet dimanapun dengan memanjakan penggunanya, dengan adanya bantuan Handphone memudahkan kita para pengguna internet lebih mudah mengkoneksikan internet ya mbak, kalau saya sendiri serignya memakai cara ke dua mbak, lebih praktis tentunya memakai hotspot fasilitas HP.

iya mas hendri, makin kesini teknologi makin berkembang aja. ide proggrammer dan developer gak pernah habis kegnya :D
btw, cara kedua memang lbh enak - praktis buat semua device. tpi kudu merhatiin kuotaa.hhee

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top